Cara Mudah Membuat Penawaran, Menggunakan Teknik AIDCA

Banyak diantara kita pandai merangkai kata, membuat proposal, mendesain brosur, membuat presentasi yang ciamik tampilannya tapi waktu di presentasikan orang - orang yang melihatnya bingung dengan alurnya dan bertele - tele sehingga mereka susah memahaminya. Begitu juga ketika kita membuat penawaran di sosial media dengan status kita, bertele - tele tapi hampa gak ada like gak ada comment padahal kita sudah membuatnya dengan bersusah payah.

Bagaimana cara membuat presentasi atau penawaran iklan yang baik ? Ternyata semua itu ada ilmunya dan ada polanya agar apa yang kita tulis dapat mendapatkan perhatian dan dibaca sampai akhir hingga sampai close deal menancap dibenak pikiran customer kita.

Salah satu teknik yang saya sering gunakan di landa.co.id untuk menyusun proposal maupun presentasi menggunakan teknik ini. Begitu pula teknik ini juga saya terapkan kepada content writer di wajibbaca.com. Teknik tersebut bernama AIDCA, uopo itu sejenis pisang goreng atau sejenis ketela pohon ? hehe. AIDCA merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, Conviction, dan Call to Action. Dengan menggunakan pola sederhana ini jika di terapkan dan dikombinasikan dengan desain yang menarik, pasti dapat menyentuh hot button calon customer kita. Gak percaya ? yuk simak penjelasannya ya, jangan lupa ambil air wudlu dulu biar meresap dihati *hehe
 


ATTENTION

Hal paling pertama dalam proses komunikasi dalam suatu iklan adalah atensi atau perhatian yang dari audiens. Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk memaksimalkan tahap ini adalah pemilihan headline yang efektif. Bisa dikatakan, atensi adalah kunci pertama. Tugas anda adalah MENDAPATKAN PERHATIAN pembaca sejak awal mereka membacanya. Caranya? Anda bisa memberikan sebuah fakta yang menghentak, data yang mengagetkan atau kalimat pertanyaan. Saya biasanya menggunakan rumus "Keterangan/Ajakan + Objek Misterius + Hasil/Something WOW" ini ada lain ilmunya lagi brother hehe ? next artikel akan saya jelaskan cara mudah bikin attention pakai teknik ini

INTEREST

Setelah anda mampu mendapatkan perhatian dari pembaca, tugas anda selanjutnya adalah membuat mereka TERTARIK untuk membaca lebih lanjut. Pikirkan bagaimana caranya agar pembaca berkata dalam hatinya WOw, Keren Banget,, Ini Gue Banget, Ini Bener, dan sejenisnya. Contohnya misalkan yang dapat membangkitkan interest seperti ini :  "Cukup denga hanya bisa mengetik dan akses internet. . bla. . bla. . " (dengan tujuan membangkitkan Interset)

DESIRE

Tugas anda selanjutnya adalah membuat pembaca merasa butuh dan ingin mendapatkan solusi dari yang Anda tawarkan. Dibagian ini sebutkan value proposition produk yang anda jual yang berisi penjelasan bertele-tele (untuk membangkitkan Desire)

CONVICTION

Kemudian, anda harus membuat penegasan dan meyakinkan mereka bahwa apa yang baru saja anda sampaikan adalah benar! Tampilkan Testimoni dari customer, Bukti transaksi dan Garansi uang kembali misalkan (Conviction, agar percaya)

ACTION

Atensi, minat, dan hasrat, serta keyakinan yang dimiliki audiens sebagai bentuk respon terhadap suatu iklan akan membawa audiens pada aksi untuk melakukan. Aksi di sini berarti si audiens melakukan respon yang benar-benar langsung berhubungan dengan pesan yang disampaikan di iklan: misalnya dalam konteks iklan komersial, pesan yang disampaikan adalah untuk membeli produk, dan aksi yang dilakukan audiens bisa mulai dari mencari tahu produk di website, bertanya pada teman, hingga sampai pada tahap mencoba, membeli produk.
 

Rumus Conversion Rate


Sudah jelas belum ? tentang teknik AIDCA ini kawan - kawan. Simple hanya 5 step, tulisan penawaran Anda bakal dibaca sampai habis oleh pembaca, hingga dapat close deal. Teknik ini dapat anda terapkan dimanapun, sehingga bisa memperbesar Conversion Rate. Kesalahan fatal terbesar para pebisnis online terletak disitu, websitenya bagus - bagus tapi kopong tak berisi! ya jelas isinya gambar semua, padahal mesin pencari tidak bisa membaca tulisan yang ada di gambar.

Makanya kita harus banyak - banyak menulis sesuatu yang bermanfaat agar website atau tulisan kita banyak trafic yang dapat memperbesar Leads, sehingga dengan teknik AIDCA dapat memperbesar conversi penjualan Anda. Termasuk dengan adanya blog di Landa Systems ini salah satu kedok tersembunyi saya memperbesar conversion rate *eh malah buka rahasia* hehe.

Semoga bermanfaat ya tulisan kecil saya ini, Tombol Share adalah penyemangat saya untuk membuat konten yang lebih baik dan bermanfaat, jangan lupa di share jikalau bermanfaat!

Terima kasih,

Semua orang sukses adalah para PEMIMPI BESAR. Mereka membayangkan masa depan mereka dan mereka bekerja setiap hari menuju impian mereka. We will reach that's together!

Yulianto Frandi ( Business Manager )